PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Kamis, 24 Juni 2010

Diposkan oleh MANDALA

Keindahan tubuh dan ciri-ciri yang spesifik yang dimiliki oleh setiap ikan hias serta nilai ekonomis, adalah faktor utama yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan hias. Salah satu jenis ikan yang memiliki syarat-syarat tersebut adalah ikan cupang hias. Cupang (Betta splendens) merupakan ikan asli Asia Tenggara yang kini menjadi salah satu andalan ekspor Indonesia. Komoditas ikan hias ini mempunyai nilai ekonomis tinggi sampai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Jenis ikan cupang hias kerap kali dijadikan ikan kontes di berbagai pameran ataupun kontes ikan hias. Sedangkan perawatan cupang sendiri tidak terlalu sulit. Ikan ini terkenal tidak rewel. Cupang juga tidak membutuhkan pakan khusus. Siapa pun bisa membudidayakan ikan ini, tua - muda, bahkan orang yang mempunyai waktu terbatas pun bisa.
Budidaya ikan ini sangat menjanjikan baik sebagai mata pencaharian utama atau sambilan, sehingga dapat mengatasi pengangguran dan menciptakan peluang kerja baru. Di Kota Tangerang, banyak masyarakat yang sudah menekuni budidaya ini. Bahkan ada kawasan yang sudah terkenal seperti Kec. Karang Tengah, Ciledug, Larangan dan Karawaci. Budidaya cupang bisa dibilang sangat mudah dan tidak memerlukan modal besar, lahan luas atau tempat yang bagus. Sebagai sarananya cukup memanfaatkan wadah seperti, bak, plastik atau terpal untuk bahan dasar kolam. Budidaya ikan ini sangat sederhana.
Untuk itu secara garis besar, kita harus mengetahui media budidaya, pemilihan induk, proses pemijahan, perawatan benih, pembesaran mapun pengendalian hama dan penyakit pada ikan cupang.

SELENGKAPNYA

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....