PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Senin, 14 Juni 2010

Diposting oleh MANDALA

Maraknya kegiatan akuakultur telah diwarnai dengan variasi teknologi produksi hingga pada keragaman spesies yang dibudidayakan.Introduksi pakan buatan sebagai salah satu faktor produksi semakin penting guna meningkatkan produksi serta aman bagi lingkungan budidaya. Untuk mencapai sasaran tersebut, kegiatan produksi pakan diarahkan pada dua hal pokok, yaitu
1. Menghasilkan formulasi pakan yang sesuai kultivan dengan biaya produksi relatif murah.
2. Penggunaan pakan tidak hanya terbatas sebagai sumber energi utama bagi kultivan, namun sekaligus diarahkan sebagai media perantara dalam mencegah terjadinya serangan penyakit bagi kultivan (medicated feed).

Sebagai bahan baku pakan, silase ikan telah dibuktikan untuk beberapa spesies budidaya termasuk ikan dan udang dengan kadar nutrisi yang cukup memadai. Selain kadar protein dan lemak cukup tinggi, produk silase dapat meningkatkan kecernaan pakan oleh karena tersedia dalam bentuk rantai peptida. Pengujian penggunaan silase pada beberapa ikan herbivora (bandeng, baronang) menunjukkan bahwa silase ikan termasuk sumber protein hewani yang baik dan sekaligus dapat menggantikan fungsi tepung ikan.
Ketergantungan terhadap penggunaan tepung ikan harus dikurangi semaksimal mungkin yang terkait oleh fenomena global seperti : barang kompetitif, mahal, barang import serta kelangkaan suplai. Optimasi penggunaan bahan baku dapat ditempuh melalui penggunaan bahan baku lokal terutama bahan dari tumbuhan (plant material) seperti : jagung, dedak, ampas tahu, tepung singkong dan berbagai bahan potensial lainnya.

selangkapnya ada di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Join 4Shared Now! Join 4Shared Now! Join 4Shared Now! Get 4Shared Premium!

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....
free counters