PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Selasa, 08 Juni 2010

Diposkan oleh MANDALA

Pemijahan induk ikan secara buatan menggunakan hormon larutan hypofisa telah lama dilakukan baik untuk komersial maupun untuk ilmiah. Pemijahan ikan menggunakan kelenjar hypofisa pertama sekali berhasil dilakukan di negara Argentina. Penggunaan hormon hipofisa relatif lebih aman karena bersifat alami dibandingkan hormon yang terbuat dari bahan kimia. Pemijahan ikan secara buatan dilakukan khususnya untuk jenis ikan yang sulit di pijahkan secara alami. Pemijahan secara buatan memiliki beberapa kelebihan dan keterbatasan.
Penggunaan hormon hipofisa yang akan disuntikkan pada induk ikan memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut meliputi ikan donor harus segar, bukan ikan yang baru dipijahkan dan ikan donor dan resepien memiliki kekerabatan dekat. Selain itu dosis penyuntikan ikan donor berbeda-beda sesuai dengan jenis dan ukuran ikan.
Terdapat beberapa keuntungan pada pemijahan ikan secara buatan menggunakan hormon hypofisa adalah ikan donor terdapat di semua daerah, telur yang terdapat pada ovarium induk ikan dapat ovulasi secara optimal, pembuahan telur lebih terkontrol, produksi benih ikan dapat direncanakan dan sebagainya. Sedangkan keterbatasan pembenihan ikan secara buatan adalah membutuhkan extra cost karena diperlukan alat dan bahan serta harus memiliki keterampilan yang baik.

baca di sini
atau di sini

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....