PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Selasa, 08 Juni 2010

Diposkan oleh MANDALA

Salah satu kendala dari usaha budidaya ikan adalah ketersediaan pakan. Semakin berkembangnya usaha budidaya maka jumlah pakan yang dibutuhkan akan semakin banyak. Biaya pakan adalah biaya terbesar yang dikeluarkan dari total biaya produksi suatu usaha budidaya ikan. Salah satu bentuk pakan yang diberikan adalah pakan alami. Salah satu makanan alami yang disukai ikan terutama ikan hias adalah Tubifer sp.
Tubifex sp sering disebut sebagai cacing rambut karena bentuk dan ukurannya seperti rambut dengan warna tubuh kemerah-merahan (Anonimous, 2003). Substrat tempat hidup Tubifex sp adalah endapan organik dan makanannya didapat dari bahan yang kaya bakteri dan terjadi pengkayaan bahan organik dengan konsentrasi oksigen hampir nol (Hellawel, 1986).
Saat ini budidaya Tubifex sp untuk makanan alami masih belum banyak dilakukan. Umumnya masyarakat mendapatkan Tubifex sp dengan cara mengambil langsung dari sungai yang mengandung buangan organik tinggi terutama sungai yang menjadi daerah buangan limbah pabrik. Penggunaan Tubifex sp dalam budidaya akan menunjang perbaikan warna yang merupakan hal terpenting di dalam budidaya ikan hias.
Jika ditinjau dari segi ekonomi pemberian tubifex sp sebagai pakan ikan terutama ikan hias turut mengurangi biaya produksi. Selain biaya pengkulturannya yang relative murah dan sederhana juga dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan.

LIHAT SELURUHNYA DI SINI

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....