PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Kamis, 08 Juli 2010

Diposkan oleh MANDALA

Air adalah sebagai zat pelarut yang sangat berdaya guna, yang empu melarutkan segala zat – zat dengan skala yang lebih besar dari pada zat – zat lainnya. Sifat ini dapat dilihat dari banyaknya unsur – unsur yang dikandung oleh suatu perairan. Untuk air laut hampir 50 triliun metrik ton garam yang larut dalam air laut.konsentrasio rata – rata sluruh garam yang terdapat di dalam air laut dikenal sebagai salinitas. Konsentrasi ini biasanya sebesar 3%dari berat seluruhnya. Mereka biasanya lebih sering disebut sebagai bagian perseribu atau biasa ditulis dengan 35‰. Konsentrasi garam – gram ini jumlahnya relatif sama dalam setiap contoh – contoh air laut, sekalipun mereka diambil dari tempat yang berbeda di seluruh dunia.oleh karena itu tidak diperlukan mengukur tingkat salnitas satu persatu dari satu daerah kedaerah yang lain, cukup mengitung salinitas dari datu daerah saja sudah mencukupi untuk menentukan salinitas di daerah yang lain. Cara yang biasa digunakan dalam mengukur salinitas dalam suatu perairan adalah dengan dengan menghitung jumlah kadar klor yang ada dalam satu sample. Dari hasil pengukuran ini maka kemudian kita dapat menentukan besarnya salinitas.
Rumus yang digunakan adalah:
Salinitas = klorinitas x 1,817

Hampir organisme laut hanya dapat hidup pada daerah – daerah yang mempunyai perubahan salinitas yang sangat kecil. Daerah estuarin adalah suatu daerah dimana kadar salinitasnya berkurang, karena adanya sejumlah air tawar yang masuk yang berasal dari sungai – sungai dan juga disebabkan oleh terjadinya pasut di daerah ini. Akibatnya daerah ini merupakan suatu tenpat yang sulit untuk apat didiami, shingga merekla merupakan suatu tempat yang hanya dapat dihuni oleh organisme – organisme tertentu yang telah menyesuaikan diri dengan kondisi ini.dalinitas bersifat lebih stabil dilautan terbuka, walaupundi beberapa tempat kadang – kadang mereka mnunjukkan adanya pluktuasi perubahan. Sebagai contoh, salinitas permukaan diperairan, permukaan laut medifernia dan laut merah kadang – kadang bisa mencapai 39‰ dan 41‰ yang disebabkan karena banyaknya air yang hilang akibat dari besarnya penguapan yang terjadi pada waktu musim panas yang panjang. Sebaliknya saliniitas akan turun secara tajam yang disebabkan oleh besarnya curah hujan.

LIHAT DI SINI

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....