PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Kamis, 08 Juli 2010

Diposkan oleh MANDALA

Sebelum melakukan proses pemijahan, terlebih dahulu ikan mengalami perkembangan organ-organ seksualnya. Dalam hal ini yang perlu dicermati dan diketahui oleh para petani ikan yaitu mengenai perkembangan gonad ikan itu sendiri. Proses inilah yang dinamakan dengan proses kematangan gonad. Matang atau tidaknya gonad ikan sangat mempengaruhi keberhasilan dalam usaha pembenihan ikan. Jika ikan yang akan dipijahkan sudah benar-benar matang gonad, maka pemijahan pun dapat berlangsung dengan baik dan telur-telur yang dihasilkan pun akan baik juga. Untuk mengetahui tingkat kematangan gonad maka diperlukan ilmu dan keahlian dalam mempelajari tentang gonad ikan.

Untuk mengetahui terhadap kematangan gonad suatu ikan dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah pengamatan gonad berdasarkan kondisi gonad itu sendiri dan berdasarkan morfologi atau penampakan bagian luar tubuh ikan yang mengarah pada ciri-ciri matang gonad. Antara lain pada induk betina ciri yang paling utama adalah pada bagian perut terlihat membesar dan bila disentuh akan terasa lembek atau empuk. Sedangkan pada induk jantan apabila pada bagian perut diurut, akan mengeluarkan cairan kental putih susu.

Untuk memperoleh datatentang kematangan gonad ikan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu : cara pertama, data tentang kematangan gonad dapat diketahui dengan cara mendetail karena dilakukan dalam laboratorium dan prosesnyapun membutuhkan waktu yang relatif lama karena harus melalui penelitian dan percobaan. Sedangkan cara yang kedua kematangan gonad dapat diketahui melalui morfologi ikan, cara ini banyak dilakukan oleh para petani ikan. Namun syarat utamanya yaitu petani ikan harus benar-benar sudah mengetahui ciri-ciri morfologi induk ikan yang sudah matang gonad, sehingga data yang diperoleh akan spesifik.

Untuk mempelajari hal tersebut, dalam sekala pendidikan peerkuliahan biasanya dilakukan praktikum-praktikum. Praktikum inilah yang nantinya akan memunculkan suatu kreatifitas dan ilmu yang nantinya dapat membekali pribadi mahasiswa apabila benar-benar telah terjun dalam dunia perikanan secara nyata.

SELENGKAPNYA

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....