PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Rabu, 07 Juli 2010

Diposting oleh MANDALA

Sumber daya Indonesia dari sekian banyak komoditas perikanan terutama pada ikan lele dapat dikatakan sebagai jenis ikan yang sangat populer di masyarakat. Oleh karena itu selain rasanya lezat, kandungan gizinya pun cukup tnggi sehingga disukai berbagagi kalangan masyrakat luas khususnya di negara Indonesia.
Lele sudah berhasil dibudidayakan sejak puluhan tahun yang lalu, mulai dari pemebnihan sampai pembesaran, sehingga sudah dianggap sebagai lokal. Namun, akhir-akhir ini budidayanya mengalami banyak kendala sehingga lele yang diperoleh dalam suatu periode pemeliharaan menurun. Akhirnya, tahun 1984 dikenalkan species baru yang diberi nama lele dumbo clarias batrachus namun, dalam perkembangan pembudidayaannya, lele dumbo ini pun akhirnya mengalami hal yang serupa.
Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan ikan dalam menu makanan sehari-hari, adalah dengan jalan memelihara ikan di kolam. Ikan sangat penting, selain rasanya enak juga sebagai sumber protein hewani yang sangat pentig peranannya dalam tubuh kita. Pemeliharaan ikan lele dumbo, telah lama dilaksanakan sebagian besar masyrakat, misalnya cianjur, bogor, suka bumi, jakarta serta daerah lain di Indonesia.
Di Indonesia masih jarang yang mengusahakan pembenihan ikan lele dumbo masyarakat biasanya hanya membesarkan benih yang dibeli pasar dan pedagang keliling. Ukuran ini sudah agak besar, sehingga dapaya dinikmati sebagai ikan lauk setelah beberapa bulan dipelihara. Ikan sangat dibutuhkan terutama oleh anak-anak untuk membantu perkembangan badannya, karena didalam tubuh ikan bamengandung cukup banyak protein antara 16- 24 %, selain itu juga mengandung lemak antara 0,2 -2,2 %, Karbohidrat, garam-garam mineral, dan vitamin. Selain dari itu ikan lele ini sangat cocok di konsumsi oleh orang yang menderita tekanan darah tinggi, karena didalam daging ikan tidak mengandung kolestrol. Kolestrol ini merupakan lemak yang jenuh, sehingga menyebabkan penyakit atau kambuhnya penyakit tekanan darah tinggi.
Usaha perikanan tidak harus selalu dilaksanakan ditempat yang relatif luas dan kondisi air yang harus melimpah karena kita dapat mengushakannya sendiri usaha budidaya ikan itu memiliki beberapa aspek, kegiatannya antara lain, pembenihan dan pembesaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Join 4Shared Now! Join 4Shared Now! Join 4Shared Now! Get 4Shared Premium!

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....
free counters