PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Udang vannamei ( Litopenaeus vannamei ) merupakan salah satu komoditas ekspor yang bernilai cukup tinggi pada sektor perikanan. Permintaan konsumen dunia terhadap udang rata-rata naik 11,5 % per tahun. Walaupun masih banyak kendala, namun hingga saat ini negara produsen udang yang menjadi pesaing baru dengan Indonesia dalam ekspor udang terus bermunculan.
Saat ini udang vannamei masih merupakan komoditas utama dalam usaha budidaya tambak. Terlepas dari berbagai permasalahan dalam usaha budidaya yaitu adanya kegagalan dalam pembesaran di tambak, namun hingga saat ini komoditas udang vannamei masih merupakan pilihan utama untuk dibudidayakan oleh petambak. Hal ini dikarenakan udang vannamei mempunyai harga pasar yang baik dan relatif stabil.
Areal tambak dengan panjang garis pantai yang lebih dari 81.000 KM menyimpan potensi besar bagi usaha budidaya tambak udang. Sebagian besar areal tambak tersebut lebih dari 80 % masih dikelola secara tradisional dengan teknologi secara turun menurun. Hal ini berkaitan dengan kemampuan permodalan petambak dan keengganan mengendalikan beberapa faktor penyebab kegagalan budidaya udang. Munculnya permasalahan lingkungan budidaya, serta penerapan teknologi yang sudah tidak sesuai, menyebabkan tingginya peluang kegagalan.
Secara ekonomi keberhasilan panen udang vannamei ukuran konsumsi memberikan keuntungan yang tertinggi per satuan waktu dibandingkan dengan komoditas ikan lainnya. Sehingga banyak petambak sederhana walaupun dengan kemampuan teknis budidaya udang vannamei sangat terbatas namun terus melakukan penebaran benih udang.
Udang vannamei mulai banyak dibudidayakan di Indonesia dan dijadikan sebagai pengganti dari udang windu (Penaeus monodon). Hal ini disebabkan udang windu sering mengalami kematian massal akibat virus WSSV (White Spot Syndrome Virus). Udang vannamei banyak dibudidayakan karena udang vannamei banyak mempunyai keunggulan diantaranya yaitu dapat mencapai ukuran yang besar, dapat tumbuh dengan cepat, mempunyai toleransi yang cukup besar terhadap penurunan salinitas, resisten terhadap penyakit sehingga cocok untuk dibudidayakan di tambak. Selain itu harga udang vannamei yang cukup mahal. Karena keunggulan tersebut permintaan udang vannamei semakin hari semakin meningkat. Oleh karena itu untuk mengimbangi tingkat permintaan tersebut maka produksi udang vannamei juga harus ditingkatkan. Ekspor udang vannamei di Indonesia setiap tahun mengalami kemajuan, karena itu peluang usaha budidaya udang vannamei ini cukup menjanjikan.

Lihat secara Utuh

Reaksi: 

1 komentar:

Diana Hardiana Habibullah mengatakan...

LANJUTKAN

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....

BERITA

Loading...