PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Sabtu, 27 Februari 2010

Diposkan oleh MANDALA

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat efektifitasan kascing sebagai pengganti pupuk anoraganik dalam budidaya udang windu Parameter yang diamati antara lain : indeks keanekaragaman plankton, indeks kelimpahan plankton, laju pertumbuhan udang windu dan kelulushidupan udang windu, serta total bakteri vibrio

Pendahuluan
Dalam persiapan tambak penggunaan pupuk sangat mutlak dilakukan guna meningkatkan produktifitas tambak. Pupuk yang biasa di gunakan merupakan pupuk dari jenis anorganic antara lain : pupuk NPK, pupuk TSP, pupuk Urea. Akan tetapi saat ini keberadaan pupuk sangat sulit untuk di dapatkan dan mahal harganya. Melihat hal ini makan kami dari BBAP Ujung Batee, mencoba pengembangan pembuatan pupuk alternative sebagai pengganti pupuk anorganic tersebut. Pembuatan pupuk organic ini menggunakan kemampuan cacing tanah dalam mendekomposisi unsur hara atau yang lebih disebut sebagai pupuk kompos cacing (kascing).

Gbr 1. Budidaya Cacing Tanah

kascing,budidaya cacing tanah,rizal,ujung batee

Gbr 2. Kascing

kascing,pupuk,udang windu

Metode
Metode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan dosis kascing 100 gram, 200 gram dan 300 gram, dan control menggunakan pupuk anorganik. Dan udang windu yang digunakan sebanyak 300 ekor per aquarium. Dengan aquarium berukuran 60 x 30 x 40 cm, parameter yang diamati indeks keanekaragaman plankton, indeks kelimpahan plankton, laju pertumbuhan udang windu dan kelulushidupan udang windu, serta total bakteri vibrio.

Gbr 3. Hari Pertama

kascing,metode,air,udang windu,rizal,ujung batee

Gbr 4. Hari Kedua

warna air,kascing,plankton

Hasil dan Pembahasan
Kelimpahan plankton antara lain : Skeletonema, navicula, nizschia, chaetoceros, dan thalasionema . Laju pertumbuhan udang windu, terbaik di dapat pada dosis kascing sebanyak 200 gram pada ulangan 1 dengan aju pertumbuhan 85 %, dan survival rate dengan 80 %, dapat diartikan bahwa udang windu mampu memanfaatkan plankton yang dihasilkan oleh kascing. Sedangkan total bakteri sangat rendah bila dibandingkan dengan dengan total bakteri dari pupuk anorganik, hal ini disebabkan kandungan unsure N pada kascing sangat tinggi, sehingga mampu menekan perkembangan bakteri.

tabel 1

tabel,kelimpahan

tabel 2

indeks keaneka ragaman plankton

Kesimpulan
Dari kegiatan ini dapat di simpulkan kascing dapat digunakan sebagai pupuk alternative dalam buidaya udang windu

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....