PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Kamis, 17 Desember 2009

Diposkan oleh MANDALA

Lintah yang digunakan untuk pengobatan terdiri beberapa jenis lintah tetapi paling sering dari jenis Hirudo Medicinalis di wilayah Eropa dan Hirudinaria Manillensis di wilayah Asia. Secara umum morfologi jenis lintah di atas sama seperti lintah kebanyakan. Dimana jenis lintah dewasa dapat mencapai ukuran panjang hingga 20 cm dengan warna dominana hijau, cokelat atau cokelat kehijauan dengan warna di bagian dorsal yang lebih gelap dan ventral lebih terang. Lintah jenis ini tersebar luas di hampir seluruh Eropa dan ke Asia.

Rawa habitat alami lintah

Habitat utama spesies Hirudo adalah rawa-rawa air tawar yang berlumpur dan banyak alur selokan yang dipenuhi tumbuhan gulma. Lintah hidup dengan menempelkan dirinya ke tubuh hewan-hewan vertebrata melalui pengisap di kedua ujung mulutnya, menusuk kulit hewan, menyuntikkan anti-koagulan (Hirudin) dan anestetik sebelum mengisap darahnya. Lintah ukuran dewasa dapat mengkonsumsi darah hingga 15 gram dalam satu kali makan.

Lintah adalah hewan hermafrodit dan bereproduksi dengan perkawinan seksual. Lintah bertelur di cengkeraman ditengah perutnya namun dengan tubuh tidak berada di bawah air. Lokasi favorit reproduksi lintah adalah wilayah yang memiliki naungan dan lembab.

Tahukah Anda?

14. Lintah pertama kali digunakan dalam dunia kedokteran di India kuno sekitar 1000 SM.

15. Wales pernah menjadi pengumpul lintah terbesar di wilayah Eropa.

16. Cara mencari lintah pada jaman dulu dengan berdiri di danau-danau dan kolam-kolam. Ketika lintah melekat pada kaki, orang-orang lalu mengambilnya. Mereka memasukkannya ke dalam keranjang dan menjualnya.

17. Saat ini lintah jenis Hirudo adalah spesies terancam punah dikarenakan polusi lingkungan.

18. Pada awalnya, ahli bedah adalah para tukang cukur. Mereka menggunakan lintah untuk mengobati sakit kepala.

19. Saat ini tiang penanda tukang cukur berwarna merah dan putih. Pada awalnya tiang tersebut digunakan tukang cukur untuk menggantung perban pasca operasi di depan toko. Itulah awal dari tiang merah dan putih tukang cukur.

20. Hirudo Medicinalis merupakan lintah yang banyak digunakan pada operasi plastik dan bedah rekonstruksi.

21. Sistem saraf lintah sangat mirip dengan sistem saraf manusia, sehingga bermanfaat bagi para peneliti dalam mencari jawaban atas permasalahan manusia.

22. Kerabat terdekat lintah adalah cacing tanah.

Biotherapy dengan Lintah

Lintah mengeluarkan sumbatan di pembuluh darah, menyegarkan kembali operasi jari, telinga dan jaringan yang terputus. Kemampuan lintah untuk menggigit dan menghisap darah hanyalah sedikit dari efektifitas lintah.

Adanya zat anti koagulan di dalam liur lintah lah yang benar-benar membuatnya berbeda. Ketika seekor lintah menghisap darah sampai akhirnya kenyang dan terjatuh, lintah mengeluarkan anti koagulan yang menyebabkan darah mencair selama 48 jam. Pada kondisi tersebut, pembuluh vena baru tumbuh dan menggantikan vena lama yang telah rusak. Di Jerman, lintah telah digunakan pula oleh para Dokter untuk menghilangkan rasa sakit pada pasien osteoarthritis.

(sumber : www.disgustingly-healthy.com)

Tahukah Anda

1. Terdapat 650 jenis spesies lintah di dunia.

2. Ukuran lintah terbesar yang pernah ditemukan adalah 18 inci.

3. Sekitar 1/5 jenis spesies lintah hidup di laut dan hidup dari menghisap darah ikan.

4. Lintah memiliki 32 otak, sedangkan manusia hanya 1.

5. Lintah jenis Hirudo memproduksi anakan dengan kokon, sedangkan lintah di Amazon membawa anakannya didalam perut, terkadang sampai 300 ekor.

6. Tidak semua lintah merupakan penghisap darah. Banyak juga yang merupakan predator dengan makanan utamanya antara lain cacing tanah.

7. Lintah Hirudo memiliki tiga taring dengan 100 gigi pada masing-masing taringnya.

8. Lintah Amazon menggunakan metoda yang berbeda dalam menghisap darah. Mereka tidak menggigit tetapi memasukkan belalai panjang kekorbannya.

9. Gigitan lintah tidaklah menimbulkan rasa sakit karena memiliki zat bius.

10. Lintah Hirudo menyuntikkan zat anti-koagulan serum ke korban untuk mencegah pembekuan darah.

11. Lintah akan menyedot darah sampai kenyang dan kemudian terjatuh dengan sendirinya.

12. Lintah yang telah menghisap akan memiliki berat badan hingga 5 kali berat badan normalnya.

13. Setelah lintah Hirudo terlepas dari kulit, kulit yg luka akan tetap mengeluarkan rembesan darah hingga 10 jam setelahnya.

Ditulis dalam Tahukah Anda?. Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....