PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Selasa, 01 September 2009

Diposkan oleh MANDALA

kelapaPada artikel kali ini, akan saya bawa ke hal yang sedikit ilmiah. Untuk sekedar pengetahuan. Mungkin bagi sebagian orang yang berkecimpung di laboratorium pembibitan hal ini sudah menjadi hal yang biasa. Namun saya yakin sebagian besar hobiis anggrek belum mengetahuinya. Apa itu media kultur ?. Media yang digunakan untuk pembibitan tanaman anggrek.

Media ini adalah campuran dari bahan-bahan kimia. Mengandung unsur hara mikro dan makro. Juga karbohidrat, protein, asam amino, basa nitrogen, zat pengatur tumbuh, senyawa organik komplek, bahan pemadat, air dan zat arang aktif. Saya tidak akan jelaskan satu persatu dari unsur diatas. Biar itu menjadi urusan laboratorium saja. Yang saya jelaskan disini adalah adanya bahan penambah pada media kultur tersebut. Dimana bahan-bahan itu biasa kita manfaatkan sehari-hari. Tujuan penambahan bahan ini untuk mendapatkan pertumbuhan kultur yang optimal. Ada 4 bahan yang akan saya sampaikan. Yang pertama “Air Kelapa”.

Kita tahu bahwa air kepala banyak memberi manfaat bagi kita. Sebagai pelepas dahaga (es kelapa muda), penawar racun dalam tubuh (air kelapa hijau), dan kalangan industripun sudah memanfaatkan juga. Untuk minuman pengganti ion tubuh dan minuman natadecoco. Ada apa dalam air kelapa ?. Simak terus…

Kandungan Air Kelapa

Volume dan komposisi kimia air kelapa tua dan muda berbeda. Menurut Banson dan Velasco (1982) volume air kelapa selalu berubah selama pemasakan buah. Volume air kelapa pada buah tergantung pada ukuran buah, jenis dan tingkat kesegaran buah, serta umur buah. Volume air kelapa yang maksimal dalam arti memenuhi seluruh rongga buahnya adalah kelapa yang berumur 7 bulan.

Komposisi

Konsentrasi

Folate Acid

Nicotinate Acid

Panthotenate Acid

Biotin

Pyridoxine

Hyboflavine

Tyamin

Giberelat Acid

Auxins

1.3-difenilurea

M-inositol

Silo-inositol

Sorbitol

C1

Cu

Fe

K

Mg

Na

P

S

0,003 mg/l

0,64 mg/l

0,52 mg/l

0,02 mg/l

Very little

0,01 mg/l

Very little

Very little

Very little

5,8000 mg/l

0,01 mg/l

0,05 mg/l

15 mg/l

183 mg/100 gram

0,040 mg/100 gram

0,1 mg/100 gram

312 mg/100 gram

30 mg/100 gram

105 mg/100 gram

37 mg/100 gram

15 mg/100 gram

Sumber : Tulecke et al (1960)

Air kelapa sebagai cadangan makanan yang mengandung vitamin dan zat tumbuh, sehingga dapat menstimulir perkecambahan. Air kelapa mengandung zat atau bahan seperti; vitamin, asam amino, asam nukleat fosfor, dan zat tumbuh auksin dan asam giberelat. Yang berfungsi sebagai penstimulir dalam proliferasi jaringan, memperlancar metabolisme dan respirasi. Oleh karena itu air kelapa mempunyai kemampuan besar untuk mendorong pembelahan sel dan proses deferensiasi. Konsentrasi optimum air kelapa yang diberikan 15% (Tulecke et al, 1960).

Staden dan Drews (1974), melaporkan bahwa dalam air kelapa mengandung zeatin yang diketahui termasuk dalam kelompok sitokinin. Sitokinin mempunyai kemampuan mendorong terjadinya pembelahan sel dan diferensiasi jaringan tertentu dalam pembentukan tunas pucuk dan pertumbuhan akar. Namun demikian, peranan sitokinin dalam pembelahan sel tergantung pada adanya fitohormon lain terutama auksin. (Hess, 1975).

Peranan Air Kelapa

Dilihat dari komposisi yang terkandung didalamnya, terutama adanya zat tumbuh, maka penambahan air kelapa dalam media kultur dapat membantu mendorong pertumbuhan. Baik pertumbuhan platlet, daun dan akar. Air kelapa dari jenis kelapa Genjah Hijau dan Genjah Kuning mempunyai pengaruh positip terhadap pertumbuhan plantlet anggrek dendrobium. Hasil penelitian lainnya menyatakan bahawa air kelapa sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anggrek dalam peningkatan pertumbuhan protocorm like bodies (plds).(Widiastoety & Anggraeni Santi, 1994).

Memang rasanya segar… setelah minum air kelapa. Nyatanya air kelapa mengandung vitamin dan ion-ion yang dibutuhkan tubuh. Pada tanaman zat tumbuh; auksin dan geberalin yang diperlukan. Dengan tujuan untuk membantu pertumbuhan bibit anggrek. Rasanya perlu juga kita coba untuk menyiram tanaman anggrek remaja atau yang sudah berbunga. Saya yakin akan memberikan hasil yang positip. Jangan buang air kelapa, bisa dimanfaatkan untuk tanaman kita.

Referensi : Buku kenang kenangan “ EAST JAVA ORCHID SHOW 2001 “

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....