PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Senin, 09 Agustus 2010

Diposkan oleh MANDALA

Semakin berkembangnya jaman maka penduduk di dunia juga akan bertambah begitu pula dengan ilmu dan pendidikan. Salah satu ilmu yang mengalami perkembangan adalah ilmu yang membahas tentang genetika. Genetika merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang struktur, transmisi dan ekspresi gen. Disamping itu juga genetika merupakan ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat menurun (hereditas) serta segala seluk-beluknya.
Kromosom merupakan materi genetic yang merupakan kumpulan gen. sedangkan gen adalah satuan / unit terkecil imformasi genetic yang merupakan skuen DNA tertentu yang bertanggung jawab dalam mengontrol karakter terentu Kromosom dalam inti sel hanya dapat dilihat pada saat sel membelah. Setiap sel memiliki kromosom yang khas dan berbeda dengan species yang lain. Dalam melakukan praktikum preparasi kromosom digunakan teknik jaringan padat hal ini dengan tujuan agar lebih mudah dan untuk mengetahui bentuk, ukuren, serta jumlah kromosom.
Teknologi DNA telah meluncurkan revolusi dalam bidang bioteknologi, yakni teknologi rekayasa genetika. Keberhasilan ini tentunya membawa keuntungan dan kontribusi yang sangat besar, terutama dalam bidang rekayasa genetika ikan dan akuakultur karena selain bermanfaat bagi penelitian dasar juga dapat ditujukan untuk penggunaan komersial.
Rekayasa genetika atau genetic engineering pada dasarnya adalah seperangkat teknik yang dilakukan untuk memanipulasi komponen genetik, yakni DNA genom atau gen yang dapat dilakukan dalam satu sel atau organisme, bahkan dari satu organisme ke organisme lain yang berbeda jenisnya. Dalam upaya melakukan rekayasa genetika, para ilmuwan menggunakan teknologi DNA rekombinan. Sementara organisme yang dimanipulasi dengan menggunakan teknik DNA rekombinan disebut genetically modified organism (GMO) yang memiliki sifat unggul bila dibandingkan dengan organisme asalnya. Seiring dengan kemajuan biologi molekuler sekarang ini memungkinkan ilmuwan untuk mengambil DNA suatu spesies karena DNA mudah diekstraksi dari sel-sel. Kemudian disusunlah suatu konstruksi molekuler yang dapat disimpan di dalam laboratorium. DNA yang telah mengalami penyusunan molekuler dinamakan DNA rekombinan sedangkan gen yang diisolasi dengan metode tersebut dinamakan gen yang diklon.
Jasad hidup baik tumbuhan maupun hewan berbeda dengan benda mati karena sifatnya dapat berkembang biak. Perkembangbiakannya dapatberlangsung secara vegetatif dan generatif. Pada perkembangbiakan secara vegetatif (aseksual) sebagian dari jasad itu melepaskan diri dan berkembang menjadi individu baru yang lengkap seperti pada umbi pada kentang, jaluran-jaluran pada arbei, penyetkana pada berbagai jenis tanaman kamar. Sedangkan secara generatif (seksual) terjadi pada kebanyakan jenis tumbuhan tingkat tinggi dan pada berbagai hewan yang lebih tinggi dengan bantuan sel-sel kalamin atau gamet-gamet. Pada hewan jantan sel kelamnnya akan berupa sel kelamin jantan / sel sperma dan pada hewan betina akan berupa sel telur dan disebut dengan ovarium. Pada proses perkawina sel sperma akan dimasukkan pada sel telur dan melebur menjadi satu dan akan membentuk sel telur yang terbuahi yang disebut dengan zigot (D. Minkema, 1987).
Sel merupakan bagian dari mahluk hidup yang mana didalamnya berisi Kromosom dan didalam kromosom, didalam kromosom ini terdapat gen yang mengandung DNA dan RNA. Sel-sel berkembang biak dengan cara membelah. Pembelahan sel ini dimulai dari pembelahan inti. Pada tahap pertama pembelahan inti itu kromosom-kromosom berkontraksi (mengkerut) seperti sulur, ia menjadi lebih pendek dan menjadi lebih tebal. Tiap kromosom terbelah memanjang dan terdiri atas dua belahan yang sama, yang masih terikat sesamanya pada sutu tempat yakni sentromer. Tubuh hewan terdiri dari berjuta-juta sel sel tubuh (sel somatic)tidak dapat dilihat dengan mata telanjang Pemeriksaan sel dengan mikroskop memperlihatkan bahwa sel tubuh hewan itu mengandung cairan kental yang biasa disebut dengan sitoplasma, yang mana bagian luar dari sitoplasma diselaputi oleh membrane.yang telah lulus separuh. (D. Minkema, 1987).

SELENGKAPNYA DI SINI

Reaksi: 

1 komentar:

hadi sukmana mengatakan...

ada link yg lain buat download data yg di atas...

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....