PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Senin, 09 Agustus 2010

Diposkan oleh MANDALA

Jika dilihat dari kondisi lingkungan alam, Indonesia memiliki kondisi yang sangat besar untuk mengembangkan budidaya lobster air tawar, iklim dan siklus sangat memungkinkan lobster dapat berkembang sepanjang tahun. Berdasarkan hasil pengamatan Hondo Wiayanto et all pada tahun 2003 udang lobster terutama jenis cherax quadricabrinatus dapat dapat bertelur mencapai 4-5 kali dalam setahun. Sementara di Queensland, Australia yang merupakan asal mula habitat lobster ini hanya dapat bertelur hingga dua kali dalam setahun. Selain iklim yang mendukung juga ketersediaan pakan alami yang melimpah dialam dan mudah didapatkan. Sehingga dengan pakan alami tersebut lobster dapat tumbuh dengan cepat. Usaha perikanan tidak hanya menyakup masalah pada usaha budidaya ikan, selain itu juga usaha dalam bidang lobster merupakan suatu usaha yang cukup menjanjikan bagi dalam dunia industry. Jika dibandingkan dengan udang air tawar lainnya seperti udang galah dan udang windu, , lobster air tawar lebih mudah dibudidayakan. Ini dapat kita lihat dari teknik budidaya yang diterapkan cukup sederhana, sehingga dapat diterapkan oleh siapa saja yang tertarik untuk melakukannya. Lobster air tawar dapat dibudidayakan di akuarium maupun kolam dan tidak dibutuhkan lahan yang begitu luas. Sementara proses pembudidayaan udang windu dan pembudidayaan udang galah memerlukan tekhnik khusus dan lahan yang luas. Kelebihan lain yang dimiliki oleh lobster air tawar ini antara lain tidak mudah stress dan tidak mudah terserang penyakit. Hal ini jika didukung oleh kebutuhan pakan, kualitas air, dan kebutuhan oksigen dengan baik diikuti dengan pertumbuhan yang cepat. Selain dari sisi budidaya yang cukup sederhana, berkembangnya usaha dibidang lobster air tawar ini tidak lepas dari tingginya peminatan pasar terutama pasar ekspor.
Jepang merupakan potensi pasar yang paling besar di Asia.Setiap tahun jepang mengimpor dari berbagai Negara produsen lobster terutama dari Australia. Selain Negara tersebut juga Negara-negara lain yang mengimpor lobster seperti Negara Malaysia, Hongkong, China, Taiwan, Korea, dan Singapura. Masyarakat dibagian lainpun sangat menyukai lobster ini seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Belanda, Jerman, Belgia, Selendia baru dan Australia. Selain itu juga masyarakat dalam negeri tidak kalah sukanya dengan lobster ini yang marak didaerah-daerah tertentu misalnya: Jakarta, Surabaya, Bali dan Yogyakarta. Umumnya lobster ini dijadikan sebagai salah satu menu istimewa dengan harga yang sangat tinggi. Semakin banyak permintaan membuat lobster menjadi memiliki harga yang cukup tinggi. Sebagai salah satu jenis udang konsumsi, juga dapat digunakan sebagai udang hias. Hal ini karena lobster air tawar memiliki warna badan yang cukup unik dan menarik, terutama dua buah capit yang mirip senjata mobil tang. Selain hal tersebut udang juga memiliki kelebihan diantaranya yaitu: kemudahan dalam mengembangbiakannya yaitu cukup dilakukan dalam aquarium atau kolam. Lobster dapat tumbuh dalam aqwarium mencapai ukuran 25-30 cm.

LIHAT SELENGKAPNYA

Reaksi: 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....

BERITA

Loading...