PEMUPUKAN KELAPA SAWIT

Kamis, 12 November 2009

Diposting oleh MANDALA

Panen cacing sutra hasil budidaya biasanya dilakukan dengan mengambil cacing beserta lumpurnya. Cacing lalu dicuci bersih menggunakan air yang mengalir.

Jika cacing sutra yang dipanen jumlahnya sedikit, cara tersebut mudah dilakukan. Namun apabila jumlah cacing sutra yang dipanen banyak, cara tersebut menjadi tidak praktis dan cara berikut bisa digunakan.

Cacing sutra yang bercampur lumpur diletakkan dalam wadah yang mempunyai permukaan lebar. Campuran tersebut dihamparkan dengan ketebalan kira-kira 2cm. Tambahkan air kurang lebih 1 cm lalu seluruh permukaan air ditutup dengan plastik berwarna hitam. Campuran tersebut didiamkan selama semalam.

Setelah di diamkan selama semalam, wadah tersebut dibuka. Kalau semuanya berjalan normal, cacing sutra sudah terpisah dari lumpur. Cacing sutra di bagian atas, dan lumpur di bagian bawah.

Cacing sutra hasil panen sebaiknya tidak langsung digunakan untuk pakan ikan. Karena meskipun sudah bersih dari lumpur namun seringkali masih mengandung bakteri patogen maupun bibit penyakit lainnya. Sebelum digunakan, cacing sutra sebaiknya diletakkan dalam air bersih yang mengalir selama 2-4 hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Join 4Shared Now! Join 4Shared Now! Join 4Shared Now! Get 4Shared Premium!

Mengenai Saya

Foto saya
SINGKIL, NAD, Indonesia
SAYA ORANGNNYA SIMPLE DAN SELALU TERTARIK DENGAN HAL - HAL YANG BERBAU TEKNOLOGI DAN ILMU PENGTAHUAN. DAN SAYA TIDAK SUKA DENGAN KEKERASAN SERTA KEKEJAMAN. YANG PENTING MENURUT SAYA DAMAI ITU INDAH....
free counters